Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Kutim Luncurkan Germas

Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Kutim Luncurkan Germas

(272 Views) Mei 17, 2017 4:22 pm | Published by | No comment

Sangatta– Mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur luncurkan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Halaman Kantor Camat Sangatta Utara, Rabu, 16 Mei. Peluncuran Germas dirangkai dengan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV dan peringatan hari gerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga ke 45.

Germas merupakan upaya promotif dan preventif untuk mengurangi jumlah penderita sakit. Jumlah penderita penyakit tidak menular (PTM) setiap tahunnya terus meningkat, sedangkan untuk pemicu PTM sendiri banyak dikarenakan perilaku hidup masyarakat yang tidak sehat, mengkonsumsi makanan dengan gizi tidak seimbang, kurang aktifitas fisik, merokok dan gaya hidup tidak sehat lainnya.

Data Dinas Kesehatan Kutai Timur tahun 2016, jumlah PTM di Kutai Timur yakni, hipertensi tiga ribu empat ratus enam puluh empat penderita, obesitas seribu tiga ratus lima puluh tiga penderita, Diabetes Militus tujuh ratus Sembilan puluh Sembilan penderita dan cidera yang diakibatkan kecelakaan lima ratus lima puluh tujuh. Peningkatan jumlah penderita tersebut dapat terus bertambah jika tidak diiringi dengan tindakan-tindakan pencegahan.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur yang juga Ketua Germas Kalimantan Timur, Meliana, meningkatnya kasus PTM akan menambah beban pemerintah karena penanganannya membutuhkan biaya yang besar, selain itu kasus PTM juga akan menyebabkan hilangnya potensi sumber daya manusia yang menurun produktifitasnya yang akhirnya akan mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi. Upaya promotif dan preventif sangat dibutuhkan untuk langkah pencegahan. Dan pencegahan penyakit tersebut sangat tergantung dengan individu dalam menjaga kesehatan yang didukung kualitas lingkungan dan ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan pemerintah.

Sementara menurut Wakil Bupati Kutai TImur, Kasmidi Bulang yang ditemui usai membuka kegiatan tersebut mengatakan dirinya berharap Germas dapat disinkronkan dengan Program Pemerintah seperti program OPD Kesehatan, OPD Keluarga Berencana dan OPD Pemberdayaan Masyarakat. Nantinya jika sudah terkoneksi dengan OPD yang ada maka program akan berjalan dengan baik.

Peluncuran Germas di awali dengan melaksanakan senam bersama dan disemarakkan dengan stand-stand PKK yang menawarkan jajanan dan kerajinan tangan.

Voice : Khusnul Khotimah

Categorised in:

No comment for Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Kutim Luncurkan Germas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.