Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Capai Target Akte Kelahiran 97,95 Persen, Kutim Dapat penghargaan dari Dirjen Dukcapil

Capai Target Akte Kelahiran 97,95 Persen, Kutim Dapat penghargaan dari Dirjen Dukcapil

(183 Views) Mei 19, 2017 12:52 pm | Published by | No comment

Kepala Disdukcapil Kutim, Januar HPLA, menerima Penghargaan Capai Target Akte Kelahiran, yang diserahkan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, , Kamis (18/5/17) di Balroom Grand Sumber Ria Provinsi Gorontalo.

 

Sangatta – Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur, melalui Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutim, berhasil mendapatkan  Penghargaan, dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, atas prestasi dan keberhasilan dalam mewujudkan pencapaian cakupan kepemilikan Akta Kelahiran Anak, di Wilayah Kabupaten Kutai Timur, yang telah mencapai 97,95 persen. Sehingga Kabupaten Kutai Timur, berhasil mencapai target yang telah ditetapkan.

Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, kepada Kepala Disdukcapil Kutim, Januar HPLA, Kamis (18/5/17) di Balroom Grand Sumber Ria Provinsi Gorontalo, pada Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan sipil 2017.

Januar menjelaskan, dari target nasional yang ditetapkan 85 persen, Kutim telah mencapai 97,95 persen. Persyaratan Penghargaan diberikan kepada Kabupaten/Kota yang telah mencapai diatas rata-rata 95 persen.

Dari data Disdukcapil, Dia mengungkapkan, di Kutim anak usia 0 sampai 18 tahun, sebanyak 135.036 anak, dan yang telah memiliki akte kelahiran berjumlah 133.708 anak, sehingga tersisa 1.328 anak yang belum memiliki akte kelahiran. Berarti posisi Kutim sudah hampir  99,01 persen, tinggal 1 persen saja yang belum memiliki akte kelahiran.

Lebih lanjut Januar mengatakan, penghargaan tersebut, memberikan motivasi Disdukcapil Kutim, untuk menuntaskan perekaman E-KTP di Kutai Timur. Karena, menurut  Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dari jumlah penduduk Indonesia 295 juta, masih ada  5 juta atau sekitar 3 persen yang belum memiliki E-KTP.

Jumlah  tersebut termasuk  di Kutim, karena menurutnya masih banyak warga Kutim yang  belum memiliki atau melakukan perekaman E-KTP.  Untuk itu dirinya, akan menghimbau kepada masyarakat Kutim, agar segera melakukan perekaman E-KTP, terutama anak-anak berusia diatas 17 tahun, sampai orang dewasa. Himbauan tersebut,  akan disampaikan kepada seluruh Kecamatan, yang akan ditindaklanjuti dengan surat keputusan  Bupati, agar semua Kecamatan dapat menyelesaikan perekaman penduduk diwilayah masing-masing.

Voice : Repoter RPD Kutim/Wak Hedir

Categorised in:

No comment for Capai Target Akte Kelahiran 97,95 Persen, Kutim Dapat penghargaan dari Dirjen Dukcapil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.