Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Desperindag Kutim Pantau Harga Barang Jelang Ramadhan

Desperindag Kutim Pantau Harga Barang Jelang Ramadhan

(134 Views) Mei 16, 2017 1:53 pm | Published by | No comment

Sangatta –Menghindari melonjaknya harga barang yang biasanya terjadi jelang ramadhan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Kutai Timur melakukan pemantauan harga barang di pasaran. Pemantauan tersebut dimulai dengan menggelar rapat koordinasi Kelancaran Jalur distribusi, harga dan stok bahan kebutuhan pokok dan barang stategis jelang Puasa dan Idul Fitri yang dilanjutkan dengan membentuk Tim Pemantau.

Memantau harga barang, mengendalikan dan menjaga harga barang merupakan kewajiban Pemerintah, terutama pada harga bahan kebutuhan pokok. Tiga bahan pokok dari sembilas belas bahan pokok, yang harganya sudah ditetapkan secara nasional dan dikendalikan sampai dengan tingkat desa yakni, minyak Goreng, gula dan daging. Ketiga harga barang tersebut, dikendalikan oleh pemerintah karena dikhawatirkan akan menimbulkan persoalan jika tidak ditetapkan standarnya. Harga maksimal yang ditetapkan untuk daging beku Delapan puluh ribu rupiah, minyak makan sebelas ribu rupiah, dan gula pasir dua belas ribu lima ratus rupiah.

Menurut kepala Desperindag, Edwar Azran mengatakan, Pemerintah seharusnya mengendalikan keseluruhan harga bahan pokok, namun kemampuan Pemerintah sampai dengan saat ini baru pada tiga bahan pokok tersebut. Jika dikendalikan keseluruhan maka dibutuhkan dana yang sangat besar. Karena menurutnya untuk mengendalikan harga, Pemerintah harus menggunakan mekanisme pasar dan melibatkan sistem bulog. Ketika akan mengurangi resiko kerugian petani maka pemerintah harus menentukan harga yang tidak merugikan petani, dan juga harus mengatur harga yang tidak merugikan konsumen.

Sedangkan untuk stok bahan pokok jelang Ramadhan di Kutai Timur menurut Edward masih dalam keadaan aman dan harga masih stabil.

Voice : Khusnul Khotimah

Categorised in:

No comment for Desperindag Kutim Pantau Harga Barang Jelang Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.