Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Irang Awai Maestro Musik Sampeq, Hipnotis Tamu Undangan Pada Resepsi Kenegaraan

Irang Awai Maestro Musik Sampeq, Hipnotis Tamu Undangan Pada Resepsi Kenegaraan

(252 Views) Agustus 18, 2017 1:33 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Irang Awai, Sang Maestro Musik Sampeq, asal Desa Miau Baru, Kecamatan Kabupaten Kutai Timur, alunkan permainan sampeq yang begitu indah, pada acara Resepsi Kenegaraan dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 Tahun, di ruang Akasia Gedung Serba Guna Bukit Pelangi Sangatta, Kamis malam (17/8/18).

Irang Awai tampil pada opening Resepsi Kenegaraan, mengiringi persembahan tarian Burung Enggang dari PDKT Kabupaten Kutim.

Buapti Kutai Timur Ismunandar, Ketua DPRD Mahyunadi, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan ribuan mata undangan pada kegiatan tersbut, bak terhipnotis mendengar alunan musiknya yang dimainkannya.

Untuk diketahui, Irang Awai menjadi salah satu nominasi Penghargaan Maestro Seni dan Tradisi tahun 2017, yang akan menerima penghargaan dari Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pada tanggal 29 September 2017 mendatang.

Kepiawaian Irang Awai menciptakan alat musik seperti sampe dan suling, pria berdarah suku Dayak ini juga dikenal mahair memaminkan musik sampe. Sair lagu ciptaanya sendiri yang bersal dari bahasa Dayak Kayan itu sekaligus melengkapi kemampuannya dalam melestarikan kesenian tradisi daerah.

Categorised in:

1 Komentar for Irang Awai Maestro Musik Sampeq, Hipnotis Tamu Undangan Pada Resepsi Kenegaraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.