Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Lahan Eks Tambang KPC, Dulu Batu Bara Kini Susu Murni

Lahan Eks Tambang KPC, Dulu Batu Bara Kini Susu Murni

(290 Views) Mei 19, 2017 1:19 pm | Published by | No comment

Produk Susu Olahan yang dihasilkan pesat

Sangatta – Konsen terhadap program pasca tambang, PT. Kaltim Prima Coal (KPC) mengubah lahan yang dahulunya menghasilkan batu bara, kini dikelola menjadi peternakan sapi yang menghasilkan susu murni.  Peternakan Sapi (PESAT) merupakan salah satu program pengembangan pasca tambang yang dilaksanakan PT. KPC sejak tahun 2008 lalu.

Untuk mengelola program PESAT, PT. KPC melibatkan Yayasan Sangatta Baru (YSB). Saat ini PESAT sudah berklaborasi dengan masyarakat baik dari bidang hulu maupun hilir peternakan. Dari sisi hulu, Pesat sudah bekerjasama dengan masyarakat melalui kelompok tani dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk penyediaan bahan pangan sapi, sedangkan dari sisi hilir, PESAT memasarkan hasil peternakan berupa susu murni dan olahannya dengan melibatkan masyarakat dan Bumdes. Susu murni yang dihasilkan Pesat saat ini sudah dipasarkan dalam produk olahan yakni Keju, milkshake, Yougort, dan es lilin. Selain menghasilkan susu murni, PESAT juga menjalankan usaha penggemukan dan pembibitan sapi.

Menurut Kepala Bagian Sapi Potong Pesat, Rangga Lawe mengatakan, program pasca tambang PESAT diharapkan dapat melibatkan banyak masyarakat karena banyak kerjasama yang dilakukan baik penyediaan pangan sapi maupun hasil produksi susu selain itu pesat juga menggandeng salah satu komunitas masyarakat dalam hal promosi Pesat sebagai tempat kunjungan wisata berbasis peternakan. Lebih lanjut dirinya mengatakan, harapan besarnya, kerjasama dengan masyarakat dapat menjadi landasan pengembangan ekonomi masyarakat yang terlibat

Pengembangan program pasca tambang dijalankan sebagai bentuk tanggung jawab PT. KPC dalam menjaga lingkungan usai pelaksanaan tambang dan sebagai upaya dukungan terhadap Pemerintah demi mewujudkan kemandirian desa dan masyarakat.

Voice : Khusnul Khotimah

Categorised in:

No comment for Lahan Eks Tambang KPC, Dulu Batu Bara Kini Susu Murni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.