Menu Click to open Menus
Home » Lokal » KTP SUDAH BISA CETAK DI CAPIL

KTP SUDAH BISA CETAK DI CAPIL

(449 Views) April 20, 2016 4:33 am | Published by | 3 Comments

SANGATTA – Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 menjadi Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan merupakan perubahan dasar dibidang administrasi kependudukan. Tujuan utama perubahan Undang Undang dimaksud adalah untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan dan ketunggalan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta ketunggalan dokumen kependudukan.

Perubahan Undang-Undang tersebut disosialisasikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kepada para camat se Kabupaten Kutai Timur di ruang Arau Kantor Bupati Kutai Timur Kemarin (19/4). Luasnya daerah Kabupaten Kutai Timur yang memiliki delapan belas kecamatan menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat dalam segala pengurusan administrasi kependudukan di Kabupaten. Namun dengan terbitnya Undang-undang ini memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dan penyelesaian terhadap masalah warga yang belum mendapakan identitas kependudukan.

Dengan Undang-undang ini setiap warga Negara Indonesia hanya memiliki satu identitas dengan satu KTP Nasional yang disebut KTP Elektronik dan setiap warga yang lahir akan langsung mendapatkan nomor induk kependudukan yang akan digunakan sampai dewasa dan hingga meninggal.

Masa berlaku KTP Elektronik yang semula berlaku lima tahun diubah menjadi seumur hidup sepanjang tidak ada perubahan elemen data seperti pindah domisili atau perubahan status pernikahan. KTP Elektronik ini merupakan satu-satunya data kependudukan yang digunakan untuk semua keperluan termasuk pengalokasian anggaran, pelayanan publik, penegakan hukum dan pencegahan criminal.

Pencetakan dokumen KTP Elektronik yang selama ini dilaksanakan terpusat di Jakarta dengan Undang-undang ini diserahkan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota namun tidak  dilimpahkan kepada kecamatan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Januar Harlian mengatakan, agar para camat dapat menginfomasikan data warganya yang masih memiliki KTP kertas yang non elektronik. Dinas kependudukan dan Catatan Sipil akan membantu dalam pencetakannya karena sampai saat ini belum ada pelimpahan ke kecamatan selain itu peralatan pencetakan juga masih minim, di Kabupaten hanya ada 5 printer untuk percetakan. Namun kedepannya pencetakan KTP Elektronik akan dilimpahkan ke kecamatan.

(Voice – Januar Herlian Percetakan KTP el)

Dalam Undang-undang ini juga memuat ketentuan pidana bagi oknum yang memerintahkan dan atau memfasilitasi atau melakukan manipulasi data kependudukan atau elemen data penduduk dipidana dengan pidana  penjara paling  lama  6  (enam)  tahun  dan/atau  denda  paling banyak Rp. 75.000.000

Categorised in:

3 Komentar for KTP SUDAH BISA CETAK DI CAPIL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.