Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Bakal Miliki Museum Tambang

Kutim Bakal Miliki Museum Tambang

(135 Views) Oktober 10, 2017 3:16 pm | Published by | No comment

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang

Sangatta – Menjadi salah satu daerah yang terkenal oleh sektor pertambangan, Kutai Timur akan segera memiliki museum tambang. Banyaknya asset tambang yang dimiliki perusahaan yang sudah tidak digunakan lagi, nantinya akan menjadi penghuni museum. Museum tersebut nantinya direncanakan akan dibangun di lokasi Folder Ilham Maulana.

Menurut Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang mengatakan, ada beberapa asset PT. Kaltim Prima Coal yang sudah tidak dipakai, daripada menjadi besi tua atau dijual maka akan lebih bermanfaat jika ditampilkan dalam museum, meskipun menurutnya hasil penjualan juga akan kembali ke daerah namun jika ditampilkan di museum akan memberi nilai edukasi dan pengetahuan bagi generasi mendatang.

Lebih lanjut Kasmidi menambahkan, banyak dari alat-alat tambang yang langka dimiliki PT. KPC, bahkan ada salah satu unit kendaraan tambang yang hanya diproduksi dua unit di Dunia dan salah satunya berada di PT. KPC.

Pemerintah Kutai Timur bersama dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Kutai Timur (PERHAPI) yang menjadi penggagas museum pertambangan tersebut, tidak hanya sebagai penggagas nantinya PERHAPI juga akan menjadi pekerja sosial didalamnya untuk menjaga dan merawat isi dari museum tersebut.

Dengan dibangunnya museum tambang di Kutai Timur diharapkan dapat menjadi tempat berkunjung akhir pekan dan tempat pembelajaran seputar dunia pertambangan bagi para masyarakat yang datang.

Voice : Khusnul Khotimah

Categorised in:

No comment for Kutim Bakal Miliki Museum Tambang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.