Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Kutim Canangkan Terbitkan Akte Kelahiran Langsung di Rumah Sakit, Usai Bayi Dilahirkan

Kutim Canangkan Terbitkan Akte Kelahiran Langsung di Rumah Sakit, Usai Bayi Dilahirkan

(64 Views) Oktober 10, 2017 3:18 pm | Published by | No comment

Sangatta – Untuk mewujudkan kota layak anak di Kabupaten Kutai Timur, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kutai Timur akan mencanangkan penerbitan akte kelahiran setiap bayi usai dilahirkan.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kutai Timur, Aisyah mengatakan, kedepannya akan dilakukan kerjasama dengan beberapa SKPD untuk memenuhi persyaratan kota layak anak, diantaranya Disdukcapil, nantinya, para bayi yang lahir di rumah sakit dan puskesmas dapat langsung menerima akte kelahiran tanpa harus pengurusan ke Disdukcapil, pelayanan tersebut langsung dilakukan di rumah sakit tempat ibu melahirkan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, untuk mekanismenya nantinya setiap ibu yang mau melahirkan harus menyiapkan terlebih dahulu dokumen kependudukan seperti KTP dan Kartu Keluarga serta buku nikah sebagai kelengkapan pembuatan akte kelahiran.

Sedangkan menurut Kepala Disdukcapil Kutai Timur,  Januar Harlian mengatakan, dalam waktu dekat Disdukcapil akan melakukan kerjasama dengan pihak rumah sakit mengenai program penerbitan langsung akte kelahiran bayi. Menurut nya data Disdukcapil Kutai Timur sampai saat ini mencatat akte kelahiran untuk usia 0-18 tahun pencapaiannya sudah melebihi target nasinoal yakni delapan puluh persen.

Dengan diberlakukannya program penerbitan langsung akte kelahiran bayi tersebut, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan dokumen pribadi anak, selain itu, diharapkan juga dapat menunjang Kabupaten Kutai Timur menuju kabupaten yang layak anak.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Categorised in:

No comment for Kutim Canangkan Terbitkan Akte Kelahiran Langsung di Rumah Sakit, Usai Bayi Dilahirkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.