Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Pemkab Kutim Masih Cari Lokasi Untuk Relokasi Peternakan Babi

Pemkab Kutim Masih Cari Lokasi Untuk Relokasi Peternakan Babi

(130 Views) Desember 19, 2017 4:10 pm | Published by | No comment

Sangatta – Peternakan Babi yang berdampingan dengan pemukiman warga di Kilometer 3 Jalan Poros Sangatta – Bontang menjadi keluhan warga. Bagaimana tidak, kadang babi yang berada di tengah pemukiman warga, menimbulkan bau yang tidak sedap hingga jangkauan satu kilometer, terlebih pada saat musim penghujan, untuk itu Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup dan instansi lainnya sedang mengkaji daerah mana yang dinilai tepat untuk relokasi peternakan tersebut.

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang menyampaikan untuk segera mencarikan lokasi yang layak karena laporan warga tersebut sudah lama disampaikan masyarakat, bahkan sebelum dirinya dan Bupati Kutai Timur menjabat. Nantinya semua peternakan dan lokasi usaha yang berkaitan dengan babi akan dipusatkan di satu lokasi, agar tidak menggangu kenyamanan warga lain.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rafiddin Rizal mengatakan dari pantauan Tim yang sudah turun langsung ke lokasi, ada sebanyak seribu tiga ratus ekor babi yang diternak di atas lahan 1.5 Hektar. Letak kandang berdampingan rumah-rumah pemilik. Bangunan kandang babi yang yang menyerupai rumah panggung mengakibatkan kotoran dari babi langsung jatuh ke tanah kemudian mengalir ke drainase, tidak ada pembuangan khusus yang dibuat peternak untuk membuang kotoran dari babi tersebut sehingga mencemari lingkungan sekitar.

Lebih lanjut Rafiddin mengatakan, para peternak sebenarnya bersedia direlokasi, namun sampai saat ini masih dikaji daerah mana yang tepat, untuk memindahkan mereka sehingga tidak mengganggu kenyamanan warga lain.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Categorised in:

No comment for Pemkab Kutim Masih Cari Lokasi Untuk Relokasi Peternakan Babi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.