Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Puskesmas Sangatta Utara Overload Pelayanan, Tenaga Medis Kurang

Puskesmas Sangatta Utara Overload Pelayanan, Tenaga Medis Kurang

(169 Views) Oktober 4, 2017 4:49 pm | Published by | No comment

Sangatta – Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, Bahrani Hasanal ungkapkan permasalahan mendasar yang terjadi di Puskemas di Kecamatan Sangatta Utara, yakni sudah tidak mampu melayani warga Sangatta Utara yang datang untuk berobat. Hal ini disampaikan bahrani, menaggapi adanya keluhan masyarakat terkait lambannya pelayanan kesehatan, yang diberikan salah satu Puskesmas Induk Kecamatan Sangatta Utara yang berada di kelurahan Teluk Lingga.

Menurut Bahrani,  jika mengacu pada Standar Pelayanan, maka satu Puskesmas hanya mampu mengcover penduduk sebanyak 34 ribu jiwa.  Sementara untuk kecamatan Sangatta Utara saja, saat ini sudah memiliki penduduk sebanyak 120 ribu jiwa. Sehingga minimal seharusnya ada empat Unit Puskesmas yang melayani warga Sangatta Utara.

Lanjut Bahrani, hal inilah yang menjadi permasalahan memdasar pada pelayanan mendasar di Kecamatan Sangatta Utara.  Sementara untuk permasalahan pada Puskesmas Kelurahan Teluk Lingga, dirinya mengatakan dalam beberapa pekan terakhir 2 orang dokter yang disiagakan pada Puskesmas tersebut, saat ini diperbantukan untuk memberikan pelayanan di Klinik Setkab dan Klinik Polri.  Mengatasi hal tersebut, Ia mengakui pihaknya akan segera mencari tenaga dokter pengganti untuk mengisi posisi sementara yang ditinggalkan.

Insert : dr. Bahrani Hasanal (Kepala Dinas Kesehatan Kutim)

Lebih jauh, Dia mengungkapkan, terkait wacana untuk menambah satu puskesmas induk lagi di Kecamatan Sangatta Utara, Bahrani mengatakan jika hal tersebut bisa saja.  Namun yang lebih penting saat ini, adalah bagaimana Puskesmas yang ada sekarang direhab atau dibangunkan puskesmas yang lebih standar, dengan jumlah poli pelayanan kesehatan yang lebih banyak. Sehingga diyakini mampu memaksimalkan dalam pemberian pelayanan kesehatan pada masyarakat kecamatan Sangatta Utara.

 

 

Categorised in:

No comment for Puskesmas Sangatta Utara Overload Pelayanan, Tenaga Medis Kurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.