Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Rehabilitasi Lahan Paska Tambang PT KPC, Antara Tanggung Jawab dan Kepedulian

Rehabilitasi Lahan Paska Tambang PT KPC, Antara Tanggung Jawab dan Kepedulian

(335 Views) Mei 19, 2017 12:00 am | Published by | No comment

Sabtu, 13 Mei 2017, puluhan wartawan dari berbagai media massa di Sangatta mengunjungi Pesat dan TBA, lahan paska tambang PT KPC, menghadiri acara media gathering yang digagas oleh perusahaan tersebut.

Media gathering sejatinya diadakan di TBA, tetapi sebelum kesana, para jurnalis sebelumnya diajak mengunjungi Pesat, lahan paska tambang yang berhasil direhabilitasi PT KPC menjadi peternakan sapi terpadu. Sembari berbincang dengan Nurul Karim, Manager Community Empowerment (CE) PT KPC, para awak media terlihat antusias mencicipi berbagai produk hasil olahan susu sapi berbagai rasa yang merupakan salah satu produk dari Pesat, disamping produk utama berupa daging sapi. Selain kedua produk tersebut, di bagian depan Pesat terpampang plang keterangan yang berisi informasi tentang berbagai produk dan kegiatan lain dari Pesat diantaranya pengolahan pupuk kandang dan pupuk cair, pemamfaatan biogas, pembibitan sapi, pelatihan peternakan sapi, sebagai tempat praktikum, laboratorium lapangan, tempat penelitian, kunjungan belajar dan PKL.

Dari Pesat, perjalanan dilanjutkan menuju TBA, singkatan dari Telaga Batu Arang. Sebagaimana dijelaskan Yorden Ampung, Act Manager External PT KPC, bahwa lokasi tersebut sebelumnya merupakan lubang bekas tambang yang kini sukses direhabilitasi menjadi peternakan ikan air tawar dan disekitarnya ditata dan dimanfaatkan sebagai tempat outbond, termasuk media gathering yang diisi dengan berbagai kegiatan yang walaupun cukup menguras tenaga, tetapi berhasil menjalin keakraban dan persaudaraan antar peserta. Disekitar telaga sendiri terparkir beberapa unit perahu yang sepertinya dipersiapkan untuk mengarungi telaga, namun karena tidak masuk dalam agenda acara dan menimbang faktor keselamatan, Yorden Ampung menghimbau agar peserta tidak berada terlalu dekat dengan telaga, sesuai dengan aturan safety dari PT KPC.

Pesat dan TBA, dua contoh tanggung jawab PT KPC dalam mengelola lahan paska tambang, dan akan meningkat menjadi sebuah kepedulian apabila keduanya dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap masyarakat di sekitar tambang.

Sebagai perusahaan tambang batubara terkemuka di Indonesia, lahan tambang PT KPC adalah salah satu tambang terbuka (open pit) terbesar di dunia, dengan luas area konsesi pertambangan mencapai 909km persegi, dimana lebih dari 8km persegi lahan paska tambang direhabilitasi setiap tahunnya.

Categorised in:

No comment for Rehabilitasi Lahan Paska Tambang PT KPC, Antara Tanggung Jawab dan Kepedulian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.