Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Tekan Pembiayaan, Bupati Kutim Minta Mesin Genset Dan Ipa Desa Yang Rusak Diperbaiki

Tekan Pembiayaan, Bupati Kutim Minta Mesin Genset Dan Ipa Desa Yang Rusak Diperbaiki

(191 Views) November 17, 2017 3:04 pm | Published by | No comment

Upaya untuk mengurangi dan menekan segala jenis pembiayaan yang tidak begitu penting, terus dilakukan pemerintah kutai timur, ditengah kondisi keuangan daerah yang serba terbatas. Salah satu upaya yang dilakukan pemkab kutim saat ini untuk menekan pembiayaan belanja kegiatan adalah dengan melakukan inventarisir mesin-mesin generator set atau genset yang ada di masing-masing desa yang hingga kini masih belum teraliri listrik pln. Jika mesin tersebut dalam keadaan rusak namun masih bisa dilakukan perbaikan, maka cukup mengeluarkan pembiayaan perbaikan mesin genset dan tidak perlu melakukan pengadaan atau membeli mesin baru. Demikian diungkapkan bupati kutai timur, ismunandar, saat menceritakan pengalaman kunjungan kerjanya ke beberapa desa di pesisir kutim, belum lama ini.

Dikatakan, seperti hasil kunjungan kerjanya ke desa muara bengalon di kecamatan bengalon, saat melakukan peresmian pengolahan air bersih ternyata diketahui juga ada instalasi pengolahan air bersih yang tidak difungsikan karena rusak.  Untuk mengatasi permasalahan seperti ini hanya memerlukan tindakan perbaikan agar instalasi air bersih tersebut bisa kembali dioperasikan kembali. Selain mungkin lebih murah dari pada harus membangun baru, juga mungkin hanya perlu menambah beberapa komponen agar fungsinya semakin maksimal.

Begitupun di tempat lainnya. Ismu juga mengaku mendapatkan beberapa desa yang memiliki mesin genset pembangkit listrik untuk desa dalam keadaan mangkrak tidak dipergunakan hanya karena rusak. Jika masih bisa diperbaiki, tentu biayanya akan lebih murah dari pada harus melakukan pembelian mesin genset baru. Dirinya sudah meminta untuk melakukan pendataan atau inventarisir desa-desa mana saja yang mesin genset desanya rusak untuk segera dilaporkan dan segera dilakukan perbaikan, supaya bisa kembali dimanfaatkan untuk penerangan pedesaan.

Ditambahkan ismu, terkait pembiayaan perawatan dan pengelolaannya kedepan, dirinya berharap adanya kesadaran dan keterlibatan badan usaha milik desa (bumdes). Selain membiayai perawatannya, bumdes juga bisa mengambil manfaat dari pengelolaan tersebut yang bisa menjadi pemasukan bagi kas bumdes dan desa setempat.

Voice : Wulandari – perbaiki ipa dan genset rusak

 

Categorised in:

No comment for Tekan Pembiayaan, Bupati Kutim Minta Mesin Genset Dan Ipa Desa Yang Rusak Diperbaiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.