Menu Click to open Menus
Home » Lokal » Wabup Ajak Masyarakat Berani Hidup Sehat, Cegah HIV/AIDS Dengan Tes VCT

Wabup Ajak Masyarakat Berani Hidup Sehat, Cegah HIV/AIDS Dengan Tes VCT

(243 Views) Desember 2, 2017 6:04 pm | Published by | No comment

Sangatta – Dalam rangka memperingati Hari AIDS yang jatuh pada tanggal 1 Desember, Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Kutai Timur, menggelar Fun Run, Senam Sehat, dan Pemeriksaan HIV/AIDS , Sabtu (2/12/17) di Town Hall Swarga Bara, Sangatta Utara. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang, juga adalah Ketua Pelaksana KPAD Kutai Timur.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari  HIV/AIDS yang diperingati setiap 1 Desember, adalah moment untuk memperingatkan kepada semua warga didunia, bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus HIV menjadi ancaman yang sangat serius. Perlu diingat bahwa HIV dan AIDS dapat menyerang semua umur, mulai dari usia balita sampai lanjut umur, 90 persen pengidap HIV/AIDS  ada diusia produktif yaitu usia 21-50 tahun, dan yang membuat lebih miris adalah 20 persen pengidap HIV adalah Ibu Rumah Tangga (IRT).

Lebih lanjut, Kasmidi menambahkan, untuk mencegah wabah penyakit HIV/AIDS mulai dari diri sendiri, mari kita berani memeriksakan status HIV/AIDS di Klinik-Klinik VCT (Voluntary Counseling dan Testing), yang ada di Puskesmas dan seluruh wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati juga mempelopori dan menjadi klien pertama untuk melakukan pemeriksaan VCT dan mengajak warga menyatakan “Saya Sehat, Saya Berani Lindungi Orang Tersayang dari HIV/AIDS. Disamping itu Wakil Bupati juga mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan makan buah dan sayur-sayuran.

Insert : Wakil Bupati

 

Terlaksananya kegiatan tersebut, atas koordinasi yang baik antara KPAD Kutim, dengan Pemkab Kutim melalui Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Disnaker, Dinsos dan Perusahaan- Perusahaan yang ada di Kutim.

 

Categorised in:

No comment for Wabup Ajak Masyarakat Berani Hidup Sehat, Cegah HIV/AIDS Dengan Tes VCT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.